Written by Super User on . Hits: 26

Buku adalah Kebutuhan

Kang Erlan Naofal

Pengadilan Agama Teluk Kuantan

Manusia adalah makhluk yang unik. Ia bukan hanya terdiri dari unsur materi yang mewujud dalam bentuk jasmani, tetapi ia juga tersusun dari unsur kasatmata yang disebut rohani. Unsur kasatmata itu terdiri dari akal dan hati. Untuk lebih jelas pemaparan tentang akal dan hati bisa dilihat penjelasannya dalam karya monumental ulama besar yg bergelar "hujjatul Islam", bernama Imam al-Ghazali berjudul Ihya Ulummuddin.

Jasmani dan rohani mempunyai kebutuhan baik primer, sekunder maupun tertier. Tatkala kebutuhan-kebutuhan tersebut terpenuhi, maka ia akan sehat, kuat dan sempurna. Sebaliknya tatkala kurang atau bahkan tidak terpenuhi akan menyebabkannya sakit, lemah dan mati.

Makan, minum, sandang, pangan papan adalah diantara jenis-jenis kebutuhan jasmani manusia. Sedangkan kebutuhan rohani meliputi ilmu pengetahuan, teguhnya keyakinan, beramal sholeh, berdzikir, berpikir, dan lain sebagainya.

Ilmu sebagai salah satu kebutuhan rohani manusia dapat diumpamakan seperti gizi, pupuk buat hati dan akal manusia. Dengan ilmu ia mengetahui "Sang Maha Sutradara Kehidupan", tujuan hidup, cara hidup, sarana mempermudah kehidupan dengan memaksimalkan teknologi yg melesat maju tak terhadang. Ilmu dapat diperoleh dengan belajar, melakukan penelitian, pengamalan terhadap ilmu yg telah dimiliki serta dengan membaca buku.

Buku baik yang kecil yang bisa dibawa kemana-mana terdiri dari untaian huruf, kata, kalimat, paragraf yang tersusun rapih dalam lembaran -lembaran kertas yang kemudian dijilid, dicetak dan disebarkan di kalangan insan cendikiawan serta buku besar jagadraya yang tersebar begitu mempesona seperti air yang mengalir, udara yang kita hirup, langit biru bak payung menaungi, gunung menjulang dengan gagahnya.

Kedua buku tersebut dapat menjadi sarana yg mengantarkan manusia mengenal jatidirinya. Buku merangsang manusia untuk berpikir serta merenung Oleh karena itu, buku tersebut sejatinya adalah kebutuhan. Buku hakikatnya adalah kebutuhan rohani manusia. (02 Agustus 2019, Teluk Kuantan)

simari

komdanas

sipp

pengaduan

sikep

direktori

abs

e court web

lpse

jdih

.


Galeri Pengadilan Agama Teluk Kuantan

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Teluk Kuantan

Jl. Proklamasi Nomor 18, Sungai Jering

Telp: (0760) 2523776

Email : pa.telukkuantan@gmail.com

Email ecourt : ecourtkuantan@gmail.com

Jam Kerja

SENIN – KAMIS

JUM’AT

08.00 – 16.30

08.00 – 17.00

ISTIRAHAT

SENIN – KAMIS

JUM’AT

12.00 – 13.00

11.30 – 13.00

WAKTU SIDANG

SELASA & KAMIS

09.00 - SELESAI



Copyright © 2019 TI Pengadilan Agama Teluk Kuantan By Design. All rights reserved